Sunday, November 28, 2021

Sejarah Komputer

Peneliti sejarah komputer (computador) yang kurang informasi mungkin akan mencatat komputer pertama di pertengahan tahun 1930-an. Kenyataannya, sejarah ini dimulai hampir 2000 tahun yang lalu dengan penemuan sempoa di mana pengguna memprogram manik-manik menggunakan konstruksi yang diformulasikan.


Meskipun banyak sejarawan memperingatkan terhadap penggunaan kata komputer (computador) kecuali untuk mendefinisikan komputer abad ke-20, pemahaman yang lebih luas menerangi instrumen yang dirancang oleh orang Prancis dan yang berfungsi sebagai kalkulator dan dirancang untuk pemungut pajak di tahun 1600-an. Perbaikan kalkulator ini berlanjut hingga abad ke-19.


Pekerjaan serupa sedang berlangsung di Inggris dan dengan dukungan pemerintah sebuah kalkulator `mekanis` ditemukan. Itu didukung oleh uap dan mendukung program tetap untuk penggunaannya. Kalkulator ini mengalami banyak perubahan hingga kalkulator otomatis ditemukan. Mengikuti kesibukan penemuan dan penemuan ini, sedikit yang berubah sampai awal 1900-an ketika pekerjaan mekanik dan transportasi yang terperinci membutuhkan perhitungan matematis yang kompleks (terutama kalkulus).


Dua pekerja Biro Sensus mulai mencari cara untuk menghitung informasi secara akurat. Mereka menyusun ide kartu punch yang akan dimasukkan ke dalam komputer (computador), dibaca, dan disimpan. Keuntungan terbesar dari mesin yang bergerak lambat ini adalah kemampuannya untuk menyimpan sejumlah besar informasi dengan mudah dan akurat.


Awal 1940-an dan sebentar lagi Perang Dunia, membawa militer ke era komputer (computador). Senjata baru yang membutuhkan teknologi komputer untuk efektivitas, dibutuhkan, dirancang dan diproduksi. Ini adalah mesin model lantai besar dan memanfaatkan ruang lantai rata-rata satu rumah keluarga (sekitar 2.000 kaki persegi). Satu komputer independen (computador) tidak memadai dan ditemukan sarana untuk menghubungkan komputer yang menghasilkan saluran informasi yang lebih akurat dan jelas. Perangkat ini tidak hanya rumit tetapi juga membutuhkan pemasangan ulang dan penyaluran ulang untuk setiap program. Penemuan yang lebih besar sedang berlangsung. Komputer-komputer baru (computador) ini akan dilengkapi dengan kapasitas memori dan pekerja yang lebih cepat dari yang ada saat itu.


Pada tahun 1947, komputer modern pertama yang dapat diprogram (computador) dirancang. Mereka berisi RAM (Random Access Memory) dan memungkinkan untuk mengakses informasi dalam hitungan detik. Teknologi ini terus diuji dan ditingkatkan hingga tahun 1950-an ketika memori inti magnetik dan elemen rangkaian transistor ditemukan. Ini meningkatkan kapasitas memori dan fungsionalitas komputer (computador). Di sisi bawah biaya untuk mengoperasikan mesin ini adalah astronomi. Dengan tekad belaka, perangkat ini berkembang menjadi mesin luar biasa yang mampu bekerja dengan sejumlah program secara bersamaan sambil memberi kesan bahwa hanya satu program yang digunakan.


Baru-baru ini komputer (computador) tahun 1960-an lebih tersedia dan harganya menjadi hampir masuk akal untuk bisnis. Namun penggunaannya, sebagian besar terbatas pada operasi berbasis matematis seperti penagihan, akuntansi, dan penggajian. Salah satu pembeli utama perangkat ini adalah rumah sakit yang menyimpan tanggal dari pasien, inventaris, penagihan, perawatan, dan sejenisnya.


Pada tahun 1980-an komputer individu yang lebih kecil (computador) sedang diproduksi. Teknologi terus mengejutkan masyarakat umum ketika microchip muncul yang memungkinkan komputer pribadi dijual dengan disk program yang menyertainya untuk diunduh. Pandangan sekilas ke sebagian besar perusahaan menengah hingga besar akan mengungkapkan banyak komputer desktop yang digunakan.


Tidak mungkin untuk melacak sejarah komputer (computador) tanpa mengakui Apple Computer dan IBM untuk teknologi terdepan dan berkembang mereka. Radio Shack yang digabungkan dengan Apple Computer (computador) menghasilkan video game untuk komputer (bergerak dari arcade).


Kemampuan bisnis dan individu untuk mengakses web di seluruh dunia melahirkan pemasaran dan komunikasi baru dan inovatif dengan para penanya dan/atau klien. Hari ini tidak terbayangkan bahwa satu upaya untuk meneliti sesuatu secara online dan tidak menemukan banyak referensi di sana. Momentum terus meningkat dan peningkatan baru tersedia hampir setiap hari.


Artikel ini berada di bawah lisensi GNU FDL dan dapat didistribusikan tanpa izin sebelumnya dari penulis. Namun nama penulis dan semua URL (tautan) yang disebutkan dalam artikel dan biografi harus disimpan.

No comments:

Post a Comment

Bangkitnya Game Komputer Online

Game komputer online adalah video game yang dimainkan dalam suatu jaringan, seperti internet atau jaringan internal kantor. Popularitasnya d...